Kamis, 06 September 2012

Ilmuwan Ciptakan Varietas Tanaman Baru dari Luar Angkasa

BEIJING - Ilmuwan botani asal China telah memproduksi lebih dari 120 varietas buah-buahan dan sayuran baru selama 25 tahun terakhir dengan cara memutasikan bibit tanaman biasa di luar angkasa.

Dilansir Theregister, Selasa (4/9/2012), bibit dari sekira 400 varietas tanaman telah diluncurkan sebanyak 23 kali ke langit (luar angkasa) terkait pemulihan satelit. Selain itu, 10 kali pada misi kapal luar angkasa berawak.

Tujuan ilmuwan meluncurkan bibit tanaman ke luar angkasa ini guna menemukan bagaimana kondisi luar angkasa mampu memutasikan bibit tanaman tersebut. Ilmuwan juga telah mengembangbiakkan varietas tanaman dalam kondisi simulasi,  tetapi dalam jangka waktu yang lebih singkat.


Energi radiasi kosmik yang tinggi dan lingkungan gravitasi nol luar angkasa diyakini memicu perubahan kecil pada struktur genetik bibit tanaman. Kondisi tersebut dapat menyebabkan mutasi pada 12 persen dari benih tanaman.

Saat mutasi (perubahan yang terjadi mendadak dalam kromosom) baru ditemukan, maka ini akan membutuhkan banyak pekerjaan dan beberapa generasi bibit yang akan ditanam, dapat dipilih untuk dipulangkan ke bumi sebelum siap untuk diproduksi secara komersial. Proses ini memakan waktu sekira empat tahun. Buah-buahan dan sayuran kosmik ini memberi dampak pada pasar domestik di China.

"Ini tidak sesederhana yang dibayangkan bahwa setelah bepergian di luar angkasa selama beberapa hari, benih akan berubah dengan semua sifat-sifat yang diinginkan. Lebih dari separuh dari semua bibit sayuran yang dibeli oleh petani di China, merupakan bibit yang diimpor," jelas Liu Min, ilmuwan teknologi bibit tanaman dan konsultan China Academy of Space Technology.

source : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar