Rabu, 12 September 2012

Karakteristik Mamalia Setelah Kepunahan Dinosaurus Terungkap


 Ilmuwan mengatakan bahwa banyak hewan mamalia yang muncul setelah kepunahan dinosaurus. Salah satu hewan mamalia tersebut ialah Ernanodon, yang diteliti oleh ilmuwan dan dijelaskan dalam Journal of Vertebrate Paleontology.


Dilansir ABC, Rabu (12/9/2012), fosil tulang yang menjadi fokus peneliti masih berada dalam kondisi nyaris lengkap. Fosil ini menunjukkan semasa hidup Ernanodon memiliki karakteristik tubuh yang gemuk serta bergerak secara lambat.

"Ernanodon adalah mamalia berukuran tubuh besar, agak tebal dengan tengkorak persegi pendek, jumlah gigi yang sedikit serta cakar besar pada kaki bagian depannya," ujar peneliti Peter Kondrashov.


Peter mengatakan, struktur pada kaki bagian depan Ernanodon menunjukkan bahwa hewan ini sering melakukan penggalian tanah. Hal ini dilakukan guna mencari sumber makanan.

Peter dan timnya, termasuk Alexandre Agadjanian menganalisis tulang Ernanodon. Mereka menduga hewan ini pernah hidup sekira 60 sampai 55 juta tahun lalu. 

Ernanodon pernah tinggal di wilayah Mongolia dan beberapa dari mereka juga pernah ditemukan di China. "Ernanodon merupakan temuan unik dan merepresantasikan satu dari banyak fosil tulang yang lengkap, yang pernah dikumpulkan dari daerah Paleocene of the Naran Bulak," terang Agadjanian yang bekerja di Borissiak Paleontological Institute of the Russian Academy of Sciences.

Ia mengatakan, Ernanodon merupakan hewan yang memiliki kaki belakang hampir datar, sehingga peneliti berpikir bahwa hewan purba tersebut tidak memiliki kemampuan berlari dengan cepat. Ernanodon menghabiskan sebagian besar hari-harinya dengan menggali dan makan serta tanpa banyak mengunyah makanan.

"Berdasarkan struktur gigi Ernanodon, memiliki lapisan enamel yang sangat tipis dan ukuran gigi yang mengecil. Hal ini tampak menunjukkan bahwa hewan itu memakanan makanan yang agak lembut serta tidak memerlukan banyak mengunyah," jelasnya.

Para peneliti mengatakan, bila melihat dari struktur gigi Ernanodon, maka hewan ini memakan mangsanya seperti rayap, semut dan serangga lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar