Selasa, 11 Desember 2012

Ikan Tropis Sunfish Raksasa Terdampar di Laut

Ikan Tropis Sunfish Raksasa Terdampar di Laut 

Seekor ikan raksasa yang jarang terlihat di Laut Utara kini terdampar di Pantai Norfolk, Inggris. Menurut Masyarakat Marine Life Studi Inggris, ikan sunfish ini dapat tumbuh sampai 1 ton. Ia ditemukan tewas pada Ahad pagi lalu, 9 Desember 2012.

Ikan jenis ini tidak dapat dengan mudah mentolerir suhu air di bawah 12 derajat celcius. Apalagi kondisi Laut Utara saat ini jauh lebih dingin karena musim dingin.


Ikan sunfish genus Mola Mola tumbuh subur di air tropis dan sub-tropis. Makanan utama ikan raksasa ini adalah ubur-ubur. Karena massa tubuhnya rendah, sunfish perlu makan banyak sehingga terlihat di perairan.

Mereka juga memangsa crustacea dan cumi-cumi. Namun, berdasarkan aturan Eropa, manusia dilarang makan ikan ini karena bagian tubuh mereka diduga mengandung racun.

Jim Ellis, ahli biologi ikan di Pusat Lingkungan Hidup, Perikanan dan Budidaya Science di Lowestoft mengatakan bahwa ikan ini kemungkinan terbawa uap Teluk dan ketika berada di Laut Utara menjadi terlalu dingin. "Ini adalah pengamatan yang menarik dan tidak biasa. Kami benar-benar tahu bahwa sunfish sangat langka karena tak banyak mencarinya," kata Ellis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar