Sabtu, 01 Desember 2012

Sel Punca Bisa Dibangun dari Darah

foto

Darah dari seorang pasien telah digunakan untuk membuat sel punca. Dokter berharap pada akhirnya akan digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Tim peneliti dari Universitas Cambridge mengatakan ini bisa menjadi salah satu sumber yang paling mudah dan paling aman untuk sel punca itu. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stem Cells: Translational Medicine, sel-sel tersebut dapat digunakan untuk membangun pembuluh darah. Namun, para ahli memperingatkan bahwa keamanan sel punca ini masih belum teruji.


Sel punca dapat berubah menjadi semua jenis sel pembangun tubuh. Salah satu sumber sel punca adalah embrio. Namun biasanya sel ini bisa ditolak oleh sistem kekebalan tubuh, seperti kehadiran transplantasi organ.

Para peneliti telah menunjukkan bahwa sel-sel kulit yang diambil dari orang dewasa bisa dimodifikasi menjadi sel punca. Dengan demikian tubuh seolah-olah mengakui sel itu bagian dari dirinya dan tidak ada penolakan dari sistem kekebalan tubuh.

Tim peneliti melihat dari sampel darah untuk tipe perbaikan sel yang memperbaiki kerusakan pada dinding pembuluh melalui aliran darah. Sampel darah ini kemudian diubah menjadi sel punca itu.

Dr Rana Amer mengatakan bahwa metode ini lebih baik daripada mengambil sampel kulit. "Kami sangat senang telah mengembangkan metode praktis dan efisien untuk menciptakan sel punca dari jenis sel yang ditemukan dalam darah," ujarnya.

Menurut Rana, sel tersebut juga tampaknya lebih aman digunakan daripada sel yang terbuat dari kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar