Kamis, 20 Desember 2012

Rotan untuk Kaki Palsu Manusia

Rotan untuk Kaki Palsu Manusia

Bajak laut kerap diidentikkan dengan kaki palsu terbuat dari kayu. Kini, para peneliti percaya bisa mewujudkannya menjadi kenyataan.

Peneliti dari Italia telah menemukan bahan yang cocok untuk menggantikan tulang manusia. Bahan yang dimaksud adalah rotan. Biasanya rotan digunakan untuk perabot rumah tangga. Namun, tim peneliti percaya bahwa bahan ini bisa menggantikan kaki palsu dari logam dan produk buatan lainnya.

"Pengolahan bahan kayu untuk menggantikan komponen kimia pada implantasi manusia sangat panjang dan rumit. Tetapi bahan yang mirip dengan tulang dan dapat dibentuk supaya sempurna manfaatnya jauh lebih besar," kata tim peneliti dari Dewan Riset Nasional Italia. Laporan rinci akan dipublikasikan di Journal of Healthcare Technology and Management.

Proses pembuatannya melibatkan perlakuan panas kayu untuk menghapus selulosa, lignin, dan bahan tanaman lain. Tetapi masih meninggalkan rangka karbon yang dapat disusupi dan bereaksi dengan kalsium, oksigen, dan fosfat. Supaya secara mekanis dan kimia, bahan ini meniru tulang.

Tim peneliti mengatakan bahwa dibanding dengan logam, keramik maupun tulang donor, bahan kayu ini berbiaya rendah. Rotan memiliki biomekanik yang sangat baik, biokompatibel, dan dapat diintegrasikan ke dalam tulang sehingga membantu regenerasi tulang.

"Saat ini inovasi sedang diuji pada hewan dan hasilnya optimal. Tes dari perangkat manusia diberikan penilaian yang sangat positif dari tenaga medis yang terlibat dalam tes ini," kata tim peneliti. Mereka akan memulai percobaan pertamanya pada manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar