Jumat, 05 Oktober 2012

Alat Mempercepat Download sedang di garap Ilmuan


Tim ilmuwan dan insinyur di University of Minnesota menciptakan perangkat optik microscale unik. Pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan ketika mengunduh file di internet serta mengurangi beban transmisi internet.

Dilansir Sciencedaily, perangkat ini menggunakan gaya yang dihasilkan melalui cahaya untuk mendorong terjadinya switch on atau off secara mekanik dengan kecepatan yang sangat tinggi. Pengembangan ini bisa memberi kemajuan dalam bidang komputasi dan proses sinyal menggunakan cahaya, ketimbang menggunakan listrik.

Teknologi ini juga memberikan performa lebih tinggi dan konsumsi energi yang rendah. Hasil penelitian ini diterbtikan pada 2 Oktober 2012 di jurnal online Nature Communications.

"Perangkat ini mirip dengan electromechanical relay, namun beroperasi sepenuhnya dengan cahaya," kata Mo Li, asisten profesor Electrical and Computer Engineering di University of Minnesota. Studi ini mengacu pada penemuan sebelumnya yang dilakukan Li dan rekannya pada 2008, di mana mereka menemukan cahaya nanoscale yang bisa digunakan untuk menghasilkan optik yang kuat.

Dalam perangkat baru, peneliti menemukan bahwa teknologi cahaya ini memiliki kekuatan, di mana sifat mekanik pada perangkat dapat didominasi sepenuhnya oleh efek optik, ketimbang struktur mekanik itu sendiri. Efeknya diperkuat untuk mengontrol sinyal cahaya berwarna tambahan, pada tingkat daya yang lebih tinggi.

"Ini adalah pertama kalinya bahwa efek optomechanical digunakan untuk memperkuat sinyal optik tanpa perlu mengonversinya menjadi listrik," pungkas Li.

source : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar